Mengenal Teknologi Dual VVTi

dealertoyotagresik.com, 18 November 2017. Teknologi Dual VVTi diklaim mempunyai beberapa keunggulan, yaitu lebih bertenaga dan dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dari model sebelumnya.

Lalu, seperti apakah teknologi Dual VVTi tersebut? Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai teknologi VVTi. Dual VVTi merupakan kepanjangan dari Dual Variable Valve Timing inteligent, yaitu teknologi yang dikembangkan oleh Toyota mengenai mekanisme katup isap dan katup buang. Katup dalam mesin dapat dianalogikan sebagai sebuah ruangan dengan empat buah pintu. Dua pintu masuk dan dua pintu keluar. Masing-masing pintu dapat dibuka dan ditutup dengan durasi yang sudah ditentukan secara tetap. Saat ada orang yang akan memasuki ruangan, pintu masuk dapat dibuka lebih awal atau lebih lambat dari kondisi normal bergantung dari kecepatan dan jumlah orang yang akan memasuki ruangan. Begitu pula untuk pintu keluar. Saat ada orang yang akan keluar ruangan, pintu keluar dapat dibuka lebih awal atau lebih lambat dari kondisi normal, bergantung pada jumlah dan kecepatan orang yang akan meninggalkan ruangan.

Analogi diatas dapat menggambarkan tentang sistem Dual VVTi. Pada kondisi aktualnya, pintu masuk adalah katup isap, pintu keluar adalah katup buang, ruangan sebagai ruang bakar. Adapun jumlah orang yang akan masuk ke ruangan sebagai beban mesin, dan kecepatan orang memasuki ruangan adalah kecepatan putaran mesin. Pada mesin dengan Dual VVTi, terdapat pengaturan tentang saat pembukaan dan penutupan katup. Tidak hanya katup isap saja yang diatur seperti halnya pada teknologi VVTi, tetapi untuk Dual VVTi, katup buang juga diatur secara optimal oleh komputer tanpa merubah durasi katup (lama pembukaan katup). Pemajuan dan pemunduran saat pembukaan katup di sesuaikan dengan kondisi mesin yaitu putaran mesin, beban dan juga temperatur mesin.

Pada mesin dengan Dual VVTi, terdapat dua buah VVTi controller yang dipasangkan pada poros katup isap (intake camshaft) dan poros katup buang (exhaust camshaft)VVTi controller ini memungkinkan antara poros camshaft dan driven gear dapat bergerak bebas. Didalam VVTi controllerterdapat vane yang berisi tekanan oli di sisi-sisinya. Arah tekanan oli tersebut diatur oleh mekanisme OCV (oil control valve) berdasarkan perintah dari ECU (engine control unit). ECU mengontrol kerja OCV berdasarkan sensor-sensor yang terpasang di mesin. Adanya tekanan oli tersebut menyebabkan poros camshaft sisi intake maupun sisi exhaust dapat bergerak kearah maju (advanced side), mundur (retard side), ataupun tertahan pada posisinya (hold). Dengan cara ini dihasilkan beberapa keuntungan, seperti efisiensi volumetrik mesin meningkat, tenaga atau torsi lebih besar dan disertai dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik,serta emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan

Penjelasan diatas adalah mengenai pengertian dari Dual VVTi. Semoga bermanfaat!

Have your say